Rabu, 16 November 2016

Mengatur jadwal harian yang mudah dan menyenangkan

Anda sibuk dengn kegiatan harian yang padat? Ingin tau cara merencanakan jadwal hingga beberapa tahun kedepan? Tulisan dibawah ini bisa jadi salah satu alternatife membantu anda dalam mengatur kegiatan, agar semuanya dapat terselesaikan dengan mudah dan menyenangkan.

Di dunia yang serba cepat saat ini, banyak orang merasa bahwa waktu 24 jam tidak cukup untuk menjalankan setiap kegiatan. Apakah Anda salah satunya? Kegiatan harian semua orang berbeda-beda. Memiliki aktifitas yang sangat padat namun tidak terencana dengan baik akan membuat rutinitas menjadi berantakan. Tentu ini menjadi hal yang sangat merugikan. Kuncinya adalah pengaturan waktu yang baik. Sesibuk apapapun jika jadwal terencana dengan baik tidak akan ada kendala yang terjadi, meskipun ada itu bukan hal yang besar. 

Dilansir dari liputan6.com, Rabu (16/11/2016), berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat jadwal padat Anda berjalan dengan baik.

1. Perencanaan yang matang

Anggaplah bahwa ini hanya dilakukan oleh orang tua, namun saat ini mencatat dan merencanakan segalanya merupakan satu hal yang sangat krusial dan penting. Jika terlalu malas untuk menuliskan rencana, sekarang ada kalender elektronik yang dapat Anda akses kapanpun di ponsel Anda.

2. Tuliskan semuanya

Sama halnya seperti rencana, ini lebih kepada apa yang biasa Anda lakukan sehari-hari. Rencana adalah suatu hal berbeda yang akan Anda lakukan di antara jadwal rutinitas sehari-hari. Walaupun terbiasa melakukannya sehari-hari, menuliskan semua jadwal Anda di sebuah buku catatan tetap merupakan hal yang penting, terutama jika Anda memiliki jadwal yang padat.

3. Prioritas

Buat jadwal atau rencana untuk diri Anda sendiri. Prioritaskan hal-hal yang paling penting terlebih dahulu. Lakukan hal lainnya di saat Anda memiliki waktu lebih.

4. Jangan malu meminta pertolongan

Inilah pentingnya Anda memiliki rekan kerja. Biasanya orang yang telah bekerja tampak jauh lebih sibuk dibandingkan orang lain. Anda tahu alasannya? Karena orang yang telah bekerja memiliki pemikiran bahwa mereka harus melakukan segala hal yang bisa dilakukan, jika tidak, maka pekerjaan mereka tidak akan selesai. Di sinilah rekan kerja Anda berperan. Selain dapat membantu menyelesaikan pekerjaan, mereka juga dapat menyadarkan bahwa Anda bukanlah seorang pahlawan.

5. Pastikan Anda memiliki waktu untuk diri sendiri

Ini adalah yang terpenting dari semuanya. Jika Anda tidak dapat mengisi 'bahan bakar' diri sendiri, maka tidak akan ada yang dapat dicapai. Intinya adalah Anda harus memiliki waktu untuk membahagiakan diri sendiri. Ingatlah untuk selalu percaya diri. Pada waktu kecil orang tua Anda selalu mengatakan bahwa Anda dapat bermimpi yang besar dan mencapai semua yang diinginkan. Anda hanya perlu pengaturan dan perencanaan yang baik.